PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 2 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DI SMA NEGERI 6 SIDRAP

. Yuliani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan problem posing. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Sidrap sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi, tanggapan siswa dan tes dalam bentuk tes uraian. Pemberian tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh setelah penerapan pendekatan problem posing adalah (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata siswa yaitu 73,16. Ketuntasan belajar siswa sebesar 74,19%. Pada siklus II skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah menjadi 78,61 yang tetap berada pada kategori tinggi dengan ketuntasan belajar yang meningkat sebesar 93,55%. (2) Kualitas respon yang diajukan oleh siswa meningkat berdasarkan rata-rata perbandingan respon negatif dan positifnya pada kedua siklus masing-masing yakni 0,71 dan 0,55. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Sidrap

 Kata kunci: Pendekatan Problem Posing.


Full Text:

PDF PDF

References


Cai, J & Hwang, S. 2002. Generalized and Generative Thingking in US and Chinese Student Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Journal of Mathematical Behavior.21 (2002), 401-421.

Dimyati, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Handayani, Yuyun. 2004. Meningkatkan Kemampuan Problem Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Secara Berkelompok Pada Siswa Kelas III SLTP Negeri 33 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Nur, Mohammad & Wikandari Prima Retno. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Noormandiri B. K & Sucipto Endar. 2000. Buku Pelajaran Matematika SMU Untuk Kelas 1. Jakarta: Erlangga.

Negoro, ST & Harahap, B. 1998. Ensiklopedia Matematika. Jakarta Timur: Ghalia Indonesia.

Nixon, Sarah. 2002. Teacher to Teacher : Using Problem Posing Dialogue in Adult Literacy Education. Tersedia http://literacy. Kent. Edu/oasis/pubs/0300-8htm.

Syaban, Mumun. 2002. Matematika dalam Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Volume 1 No. 1, Mei 2002-Juli 2—2. Tersedia http://educare e-fkipunla info/publikasi/volume%201/Nomor%201/Vol%2001-1%20Mu2n.htm.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, Erman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suharta, I Gusti Putu. 2001. Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pengintegrasian Pengajuan Masalah (Problem Posing). Aneka Widya Jurnal Pendidikan dan Pengajaran No. 4 Tahun XXXIV Oktober 2001. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika (Pegangan untuk Dosen, Mahasiswa PPS, Calon Guru dan Guru Matematika). Bandung: Pustaka Ramadan.

Upu, Hamzah. 2004. Mensinergikan Pendidikan Matematika dengan Bidang Lain (Pegangan untuk Dosen, Mahasiswa PPS, dan Mahasiswa Program S1). Bandung: Pustaka Ramadan.

Wirodikromo, Sartono. 2000. Matematika 2000 SMU Kelas 1 Caturwulan 2. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i2.2140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/