ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Sintya Ika Lestari, Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Kreativitas adalah kemampuan siswa menghasilkan suatu cara atau sesuatu yang baru untuk menyelesaikan soal. Kreativitas siswa dalam penelitian ini dilihat berdasarkan tiga indikator yaitu fluency, flexibility, dan novelty. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tentang keuntungan.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VIII-A MTs Riyadlatul Fallah Tondowulan Plandaan Jombang. Kreativitas subjek yang berkemampuan matematika tinggi (ST) dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tentang keuntungan dapat memenuhi indikator fluency dengan dapat menyelesaikan soal secara lancar, dapat memenuhi indikator flexibility dengan dapat menyelesaikan soal menggunakan dua cara, dan dapat memenuhi indikator novelty dapat menyelesaikan soal dengan cara yang baru.  Kreativitas subjek yang berkemampuan matematika sedang (SS) dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tentang keuntungan dapat memenuhi indikator fluency dengan dapat menyelesaikan soal secara lancar, dapat memenuhi indikator flexibility dengan dapat menyelesaikan soal menggunakan dua cara, dan dapat memenuhi indikator novelty dapat menyelesaikan soal dengan cara yang baru. Kreativitas subjek yang berkemampuan matematika rendah (SR) dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tentang keuntungan  yaitu dapat memenuhi indikator fluency  dapat menyelesaikan soal dengan lancar, tidak dapat memenuhi indikator flexibility dan novelty

 Kata kunci: Kreativitas, Menyelesaikan Soal, Kemampuan Matematika


Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rofiki, Imam. (2013). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Surabaya Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika.

https://www.academia.edu/23405592/Profil_Pemecahan_Akselerasi_SMP_Negeri_1_Surabaya_Ditinjau_dari_Tingkat_Kemampuan_Matematika (diakses pada 16-10-2018 pukul 21.04)

Rohman, Arif. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LakaBang Mediatama Yogyakarta.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prodi Pendidikan Matematika FKIP UISU.

MES (Journal of Mathematics Education and Science). Vol 2, No 1.https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117 (diakses pada 16-10-2018 pukul 19.43)

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i2.2142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/