OPTIMALISASI HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATA UANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN TAMPOJUNG TENGGINA KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Di dalam melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) seorang guru sering menggunakan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hal tersebut akibat dari strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat, model pembelajaran menekankan pada keaktifan guru sehingga siswa kurang memahami materi pembelajaran dan ketuntasan belajar tidak dapat dicapai secara maksimal. Kondisi ini ditindak lanjuti dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alternatif tindakan yang dilakukan ialah menerapkan pembelajaran metode simulasi dengan tujuan mengoptimalisasikan hasil belajar siswa terhadap materi mata uang serta membantu ketuntasan belajar. Simulasi dalam metode mengajar dimaksudkan sebagai cara untuk menjelaskan sesuatu (materi pembelajaran melalui pembuatan yang bersifat pura-pura atau melalui proses tingkah laku imitasi yang dilakukan seolah-olah dalam keadaan sebenarnya menurut Sudjana (200:89). Hasil penelitian cukup baik, pada siklus I yang memahami pembelajaran dan mencapai ketuntasan belajar secara klasikal 60 %, pada siklus ke II ketuntasan belajar 85 %. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran metode simulasi dapat meningkatkan pembelajaran materi mata uang sehingga ketuntasan belajar bisa diraih secara maksimal.
Kata kunci: Optimalisasi hasil belajar, mata uang, metode simulasiFull Text:
PDFReferences
Depdikbud, 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati dan Modjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ibrahim, dkk. 200. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa
Rivai, Akhmad dan Sujana, Nana, 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sadirman, S. Arif, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Depdikbud Pustekom, CV. Rajawali.
Winkei, W.S. 1987. Spikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
DAFTAR PUSTAKA
Moleong, Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rofiki, Imam. (2013). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Surabaya Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika.
https://www.academia.edu/23405592/Profil_Pemecahan_Akselerasi_SMP_Negeri_1_Surabaya_Ditinjau_dari_Tingkat_Kemampuan_Matematika (diakses pada 16-10-2018 pukul 21.04)
Rohman, Arif. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LakaBang Mediatama Yogyakarta.
Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prodi Pendidikan Matematika FKIP UISU.
MES (Journal of Mathematics Education and Science). Vol 2, No 1.https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117 (diakses pada 16-10-2018 pukul 19.43)
Siswono, Tatag Yuli Eko. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i2.2143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/