ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA BERGAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Ziana Walida, Nurul Aini

Abstract


Pemecahan masalah merupakan bagian terpenting dari tujuan pembelajaran matematika. Setiap siswa dalam memecahkan masalah memiliki karakteristik berbeda, hal ini dipengaruhi oleh gaya kognitifnya. Salah satu jenis gaya kognitif adalah field independent. Dalam menyelesaikan masalah, siswa pasti ada kesalahan. Untuk mengurangi kesalahan tersebut maka harus mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini menganalisi kesalahan mengunakan teori Newman, dengan alasan Analisis kesalahan Newmen merupakan analisis kesalahan yang lengkap dan sesuai digunakan untuk menganalisis soal cerita. Newmen mendaftar ada 5 jenis kesalahan yaitu membaca (reading), pemahaman (comperehension), transformasi (transformation), keterampilan proses (process skill), dan jawaban akhir (acoding). Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesalahan siswa SMA bergaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Responden terdiri dari 36 siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Jombang. Responden diberikan tes GEFT, diambil satu siswa yang memiliki gaya kognitif field independent. Instrumen pendukung adalah tes GEFT, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Keabsaan data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah subjek field independent dalam memecahkan masalah terdapat 3 jenis kesalahan yang meliputi kesalahan membaca, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan jawaban akhir

Kata kunci: Kesalahan Newman , Bergaya Kognitif , Field Independent

 


Full Text:

PDF

References


Ardiana, N.A., Tri Astuti A., Nasroni. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Imogiri. Purworejo : UMP

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. 2016. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Semarang : Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) 5 (1).

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM

Nurmutia, H.E. (2019). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Semarang : UIN Walisongo Semarang

Rahmawati, D dan Permata, L.D (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Surakarta : UNS

Riding, R dan Stephen Rayner. (2007). Cognitive Styles & Learning Strategies, Understanding Style Differences in Learning and Behaviour. New York: Routledge

Rohmah, L., Handono, S. & Yushardi. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Di SMAN Jember. Jember :UNJ

Singh, P., Rahman A.A., Sian Hoon, T. (2010). The Newman Prosedure for Analizing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysian Prespective. Procedia on International Conference on Mathematics Education Research 2010(ICMER 2010)

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Yusnia, D dan Fitriyani, H. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) Pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar.Semarang :UNIMUS




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i1.2263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/