BERPIKIR REVERSIBLE SKEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KOMPLEKS

Syarifatul Maf'ulah

Abstract


Berpikir reversible skematis bagi mahasiswa calon guru diperlukan dalam pemecahan masalah. Pemecahan masalah sendiri merupakan ruhnya pembelajaran matematika. Jadi berpikir reversible skematis mahasiswa harus diperhatikan agar mereka memiliki kemampuan pemecahan masalah yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemikiran reversible skematis mahasiswa calon guru matematika pada materi Fungsi Kompleks. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang mahasiswa Pendidikan Matematika semester 6 STKIP PGRI Jombang berkemampuan fungsi variabel kompleks kategori tinggi. Instrumen penelitian ini adalah tes dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis berdasarkan indikator berpikir reversible skematis melalui tahapan reduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan jika berpikir reversible mahasiswa calon guru matematika ketika subjek diminta untuk membuat skema secara dua arah antar konsep yang berkaitan dengan fungsi kompleks, mahasiswa tersebut melibatkan konsep domain, range, fungsi kompleks bernilai tunggal dan fungsi kompleks bernilai banyak. Kemudian mahasiswa menghubungkan secara dua arah antara konsep domain dengan range, range dengan fungsi kompleks bernilai tunggal, serta range dengan fungsi kompleks bernilai banyak. Secara keseluruhan, mahasiswa telah menjelaskan makna hubungan antar konsep secara benar. Hanya saja ada beberapa notasi yang masih dalam mengungkapkan makna antar konsep tersebut.

Kata kunci: berpikir reversible skematis, mahasiswa calon guru matematika


Full Text:

PDF

References


Flanders, S. T. (2014) Investigating flexibility, reversibility, and multiple representations in a calculus environment (Unpub. Doct. dissertation) U. of Pittsburgh.

Krutetskii, V. A. (1976). The psychology of mathematical abilities in schoolchildren. Chicago: The University of Chicago Press.

Lamon, S. (2007). Rational numbers and proportional reasoning: Towards a theoretical framework for research. In F. K. Lester (Ed.), Second handbook of research on mathematics teaching and learning (pp629-668). Charlotte, NC: Information Age.

Liljedahl P., Santos M., Malaspina U., & Bruder R. (2016). Problem solving in mathematics education. New York: Springer Nature.

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). The Effect of Learning with Reversible Problem-Solving Approach on Prospective-Math-Teacher Students’ Reversible Thinking. International Journal of Instruction, 13(2), 329-342. Doi: 10.29333/iji.2020.13223a.

Maf’ulah, S. & Juniati, D. (2019). Students’ Strategies To Solve Reversible Problems Of Function: The Part Of Reversible Thinking. Journal of Physics: Conference Series 1417 012051.

Maf’ulah S, Juniati D. and Siswono, T. Y. E. (2017) The aspects of reversible thinking in solving algebraic problems by an elementary student winning national olympiad medals in science World Transactions on Engineering and Technology Education 15 1.

Maf’ulah, S., Juniati, D., and Siswono, T.Y.E. (2016) Pupils’ error on the concept of reversibility in solving arithmetic problems Educational Research and Reviews 18 1775.

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). Model Reversible Problem based Learning (Model Pembelajaran untuk Diterapkan pada Mahasiswa). Yogyakarta: Erhaka Utama.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM

Ramful, A. (2015). Reversible reasoning and the working backwards problem solving strategy. Australian Mathematics Teacher, 71(4), 28–32.

Ramful, A. (2014). Reversible reasoning in fractional situations: Theorems-in-action and constraints. The Journal of Mathematical Behavior, 33, 119–130. Doi: 10.1016/j.jmathb.2013.11.002

Soedjadi, R. (1992). Orientasi kepada kemampuan yang transferable. Media Pendidikan Matematika Nasional Nomor 2. IKIP Surabaya.

Steffe, L. P. and Olive, J. (2009). Children’s Fractional Knowledge. New York: Springer Science & Business Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutiarso, Sugeng. (2021). Analysis of Student Reversible Thinking Skills on Graph Concept. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 3(2):185-195.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i1.2264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/