stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PATAMPANUA DALAM PEMBELAJARAN LURING SELAMA PANDEMIK COVID-19 | . | Edumath

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PATAMPANUA DALAM PEMBELAJARAN LURING SELAMA PANDEMIK COVID-19

Nurfadilla ., Amzah Selle, Munawir .

Abstract


Penelitian  dilakukan dengan tujuan  untuk  mengetahui  bagaimana kemampuan  pemahaman  konsep  matematis yang dimiliki oleh siswa SMP Negeri 2 Patampanua dalam proses pembelajaran secara luring pada mata pelajaran matematika selama pandemik Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas IX tentang materi persamaan dan fungsi kuadrat. Tes yang telah dikerjakan oleh siswa diberi skor dan dilakukan analisis jawaban berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang sedang melakukan pembelajaran  secara luring  sebanyak  12 orang  siswa. Data   yang   diperoleh,   dianalisis   secara  deskriptif dan diuraikan kemampuan pemahaman matematis siswa untuk   setiap   indikator   yang   terdapat   pada soal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa  4  siswa  berada  pada  kategori  sangat baik, 5 siswa berada pada kategori baik, dan 3 siswa berada   pada   kategori   cukup. Sehingga, dapat peneliti nyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa kelas IX  ini tergolong sedang atau baik dengan presentase 41,67%

Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep;  Pembelajaran  Luring


Full Text:

PDF

References


Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Guru pendidikan, 2021: dalam artikel “Pengertian Pendidikan” https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pendidikan/ diakses pada tanggal 12 Desember 2021

Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 70–77.

Jatri, F. (2013). Penerapan Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Bradford, F. (2002). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press, 34(6).

Monalisa, M., Harman, H., & Yarmayani, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii Smpn 19 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33087/phi.v3i1.61




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol