ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PATAMPANUA DALAM PEMBELAJARAN LURING SELAMA PANDEMIK COVID-19
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa SMP Negeri 2 Patampanua dalam proses pembelajaran secara luring pada mata pelajaran matematika selama pandemik Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas IX tentang materi persamaan dan fungsi kuadrat. Tes yang telah dikerjakan oleh siswa diberi skor dan dilakukan analisis jawaban berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang sedang melakukan pembelajaran secara luring sebanyak 12 orang siswa. Data yang diperoleh, dianalisis secara deskriptif dan diuraikan kemampuan pemahaman matematis siswa untuk setiap indikator yang terdapat pada soal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 4 siswa berada pada kategori sangat baik, 5 siswa berada pada kategori baik, dan 3 siswa berada pada kategori cukup. Sehingga, dapat peneliti nyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa kelas IX ini tergolong sedang atau baik dengan presentase 41,67%
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep; Pembelajaran Luring
Full Text:
PDFReferences
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Guru pendidikan, 2021: dalam artikel “Pengertian Pendidikan” https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pendidikan/ diakses pada tanggal 12 Desember 2021
Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 70–77.
Jatri, F. (2013). Penerapan Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Bradford, F. (2002). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press, 34(6).
Monalisa, M., Harman, H., & Yarmayani, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii Smpn 19 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33087/phi.v3i1.61
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/