PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 23 BARRU

Sulfa ., Rustan Efendy, Hasmiah Herawaty

Abstract


Pelaksanaan peneliti ini dilakukan pada bulan November 2021. Alasan peninjauan ini adalah untuk mendorong hasil belajar siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 23 Barru melalui ragam materi (Himpunan). Eksplorasi ini merupakan penelitian kegiatan balai studi, dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus diisolasi menjadi empat fase, khususnya: penyusunan, pelaksanaan, persepsi dan refleksi. Sejauh penyelidikan informasi, latihan siswa dan hasil belajar siswa telah berkembang, lebih spesifik . Dari Analisis data Aktivitas siswa dari hasil belajar yaitu. Rata-rata pada Aktivitas siklus utama pertemuan pertama dan pertemuan dua itu 60% (cukup) dan 75% (baik) besar peningkatannya 15%. Tingkat pergerakan siswa yang rata-rata pada siklus I adalah 67,5% (cukup). Pada siklus II, pertemuan kedua  dan ketiga yaitu dari 75% (sangat baik) menjadi 85% (sangat baik) besar peningkatannya  10%, dan pertemuan ketiga dan keempat dari 85% (sangat baik)  90% (sangat baik) besar besar peningkatanya5%. Selanjutnya Rata-rata prestasi  belajar siswa, khususnya nilai dasar 52,50 meningkat menjadi 70,94 pada siklus pertama, meningkat 18,44 poin, kemudian, 70,94 pada siklus pertama pada siklus kedua menjadi 87,50. dari 19,06 poin. Dari sisi penelusuran informasi, telah terjadi peningkatan tindakan siswa dan hasil belajar siswa. Dapat diduga bahwa penggunaan model pembelajaran langsung dapat lebih mengembangkan hasil belajar matematika siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 23 Barru.

Kata kunci: Pembelajaran Langsung, Hasil belajar, Matematika


Full Text:

PDF

References


“UU 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional,” jogloabang, 2019, https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20-2003-sistem-pendidikan-nasional.

Hunaepi, Taufik Samsuri, and Maya Afrilyana, Model Pembelajaran Langsung, vol. 3 (lombok: Duta Pustaka Ilmu – Gedung Catur FPMIPA IKIP Mataram, 2014).

Nurli Rosmi, “Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri 003 Pulau Jambu,” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 1, no. 2 (2017), https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4570.

Wira Yanti, “Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019,” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan 7, no. 2 (2019), https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652.

Dedy Juliandri Panjaitan et al., “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN” I, no. 1 (2016).

ohammmad Asrori, No Title (Bandung: PT.Sandiarta Sukses, 2019).




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/