PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SDN JAPANAN 2 MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI GOOGLE MEET

Sunanis Indriani

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 melalui pembelajaran tematik dengan Aplikasi Google Meet di SDN Japanan 2.  Berdasarkan pengalaman peneliti pada saat pembelajaran daring, banyak siswa yang mengumpulkan tugas namun tidak tepat waktu dan hasil pekerjaannya kurang memuaskan. Dan juga keluhan dari beberapa orang tua yang anaknya kesulitan dalam belajar tanpa penjelasan langsung dari guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas 2 SD Negeri Japanan 2 Gudo sebanyak 14 siswa. Penelitian ini melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Kreteria keberhasilan penelitian ini adalah jika terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan Aplikasi Google Meet mencapai ketutantasan minimal 75%. Pada siklus 1 siswa yang tuntas setelah melaksanakan post tes sebanyak 57% dengan nilai rata-rata  71. Pada siklus 2 siswa yang tuntas meningkat menjadi 93% dengan nilai rata-rata 89. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran tematik melalui Aplikasi Google Meet dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Japanan 2 Gudo karena dapat mencapai kreteria keberhasilan penelitian

Kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Aplikasi Google Meet


Full Text:

PDF

References


Ayu, I. T., Sitohang, S., Butarbutar, S. R., & Sinaga, Y. T. . (2020). Penggunaan aplikasi google meet pada pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas iv sd negeri 091597 tegal sari. E-ISSN 2798-320, 7.

Farid, M., Utami, A. D., & Rohman, N. (n.d.). Penerapan Aplikasi Google Meet Pada Pembelajaran Sosiologi Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. 1–12.

Fitra Prisuna, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Meet terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 45–49. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpiphttps://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.39160

Hasanah, D. (2021). Penggunaan Google Meet Dan Kendalanya Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Di Sman 1 Cibarusah. 1–13.

Hediyati, N., & Darmansyah, R. (2021). Pemanfaatan Google Meet sebagai media pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Labor Pekanbaru era pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Surya …, 62–74. https://eproceedings.umpwr.ac.id/ejournal2/index.php/surya/article/view/7307

Juniartini, N., & Rasna, I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141.

Karimah, S. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Meningkatkan Aktivitas dan HAsil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 70–81.

Mulyono, H., & Agustin, E. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1518

Natalia, Y. F. L., Anugrahana, A., & Zaini, E. (2021). Peningkatan Tanggung Jawab dan Keterampilan Proses IPA Melalui Model CTL Berbasis Daring Siswa Kelas IV SDN Cangkringan 1. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(8), 309–314. https://doi.org/10.52436/1.jpti.65

Pratama, M. A., & Pitriani, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Meet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.191-197

Puspitasari, M. A. (2020). Application of Scientific Approach with Google Meet Assisted Multimedia to Improve Social Studies Learning in Class V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53818

Sabri, T. (n.d.). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media realia pada pembelajaran matematika kelas i sd. 1–13.

Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT Universitas Nusantara PGRI Kediri , Kediri , Jawa Timur E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Pada masa pandemi sekarang ini , seluruh sekolah dan univer. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1063–1073.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i1.2902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sunanis Indriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/