stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI | Damayanti | Edumath

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI

Sindy Damayanti

Abstract


Mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak dan dalam proses pembelajaran dikelas cenderung terpusat pada guru, sehingga menjadikan kegiatan belajar yang membosankan, akibatnya berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariasi agar proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, sehingga berdampak pada hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dengan jenis soal berupa soal uraian. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji independent sampel t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai  sebesar 4,648 dan  sebesar 1,996564 yang berarti  sehingga  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar  matematika siswa kelas XI.

Kata kunci: Perbedaan, Hasil Belajar, Bimbingan Belajar


Full Text:

PDF

References


Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kurniawan, A.W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pavinda Buku

Payadnya, I.P.A.A., & Jayantika. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Simamora, E. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Musik Tradisional Siswa Kelas X SMA Tamansiswa Pemantangsiantar. (Onine). (https://digilib.unimed.ac.id)

Sugandi, A.I.(2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis.(Online). (https://eprints.uny.ac.id/7361/)




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i1.2907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sindy Damayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol