stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
RANCANG BANGUN XANTANA APLIKASI ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI MEDIA MATEMATIKA M-LEARNING UNTUK PLATFORM ANDROID | Zuniawarti | Edumath

RANCANG BANGUN XANTANA APLIKASI ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI MEDIA MATEMATIKA M-LEARNING UNTUK PLATFORM ANDROID

. Zuniawarti, Ririn Febriyanti

Abstract


Berdasarkan pengamatan  yang dilakukan di SMPN 6 Jombang, peserta didik mengalami kesulitan untuk belajar materi matematika khususnya pada teorema Phytagoras karena kurang mendukungnya media pembelajaran yang tersedia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran interaktif materi teorema Phytagoras berbasis Android yang dibuat menggunakan aplikasi Articulate Storyline. Penelitian pengembangan atau penelitian Reserach and Development (R&D) ini  menggunakan model ADDIE. Tahapan penelitian pengembangan ada 5 tahap, yaitu (1) Analyze, melakukan analisis terhadap permasalahan, kebutuhan, sumber daya yang dimiliki, dan materi teorema Phytagoras, (2) Design, merancang media pembelajaran interaktif berbasis Android dimulai dari penyusunan silabus, pemilihan media pembelajaran, penyusunan materi teorema Phytagoras, dan pembuatan RPP, (3) Develop, proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android bermuatan materi teorema Phytagoras mulai dari pengumpulan bahan pengembangan, pembuatan media dan instrumen serta diakhiri dengan proses validasi ahli, (4) Implement, melakukan uji coba kelompok kecil kepada peserta didik di SMPN 6 Jombang, (5) Evaluate, melakukan analisis hasil uji coba media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) Hasil uji kelayakan media pembelajaran interaktif oleh tim ahli berada pada rentang 81% < P ≥ 100% dengan kategori interpretasi “Sangat Layak”, (2) Hasil uji kepraktisan media pembelajaran interaktif uji kelompok kecil mendapat persentase sebesar 80,68% dengan kategori “Praktis”.

Kata kunci: ADDIE, Media pembelajaran interaktif berbasis android, teorema Phytagoras


Full Text:

PDF

References


Amiroh. (2020). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananada Srva.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. Banten: An1mage.

Doni, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.

Kurniahayati, D., & Syamsurizal, S. (2012). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Centric Course pada Materi Stoikiometri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Titian Teras Jambi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).

Nurhasanah, F. (2010). Abstraksi Siswa SMP dalam Belajar Geometri melalui. Penerapan Model Van Hiele dan Geomeer's Sketchpad. Tesis Magister.

Rusmayadi, M., Darmasih, D., & Nasrullah, A. (2018). Contruction of Desain GUI the Null Hypothesis Significante Testing (G-NHST) using Delphi XE8. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 1(2), 68-79.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.2994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 . Zuniawarti, Ririn Febriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol