PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS PADA SISWA SMK KUSUMA NEGARA MOJOAGUNG

Agnesya Alfanagara, Rifa Nurmilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran TPS berbantuan microsoft mathematics pada materi matriks terhadap hasil belajar siswa SMK Kusuma Negara Mojoagung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis quasy experiment dengan nonequivalen posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI dengan kelas XI TPM-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TPM-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dengan jenis soal uraian. Teknik analisis data dengan menggunakan statististik inferensial uji t. Data yang diperoleh setelah melakukan post-test nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 76. Hasil analisis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 hal ini berarti bahwa nilai 𝑆𝑖𝑔 (0,002) < 𝛼 (0,05) dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran think pair share (TPS) berbantuan aplikasi microsoft mathematics terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: Think Pair Share, Microsoft Mathematics, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Ekawati, A. (2016). "Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelaran Matematika." Math Didactic, vol. 2, no. 3, 2016, pp. 148-153.

Firdaus, A. M. (2019). Application of cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) on mathematical communication ability. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 59-68.

Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think pair share sebagai model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46.

Netriwati & Lena, M.S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Rivai, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Microsoft Mathematics terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas XII MAN 1 Parepare. Jurnal Pendidikan Biharul Ulum Ma'Arif, 2(2), 803-803.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Tirtarahardja, Umar. dan La Sulo. (2013). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka CiptaSudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SINAR BARU ALGENSINDO.

Rusman. (2010). Model-model Pembe-lajaran Mengembangkan Profe-sionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persanda.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.2999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agnesya Alfanagara, Rifa Nurmilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/