ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA LEVEL 5 DITINJAU GAYA KOGNITIF

Windy Tasya Ameliana

Abstract


Rendahnya Capaian PISA 2018 menunjukkan, Indonesia menduduki posisi 10 terbawah dari 79 negara yang berpartisipasi. Siswa Indonesia masih kesulitan dalam menyelesaiakn soal PISA pada level tinggi di mana dalam menyelesaikan soal membutuhkan konseptualisasi dan generalisasi dalam berpikir dan bernalar secara matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal model PISA level 5 ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Peterongan semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Group Embedded Figure Test (GEFT), tes uraian model PISA level 5, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi empat indikator yaitu Mengembangkan model situasi yang kompleks dan menggunakannya serta mengidentifikasi kendala-kendala dan asumsi asumsi. Memilih, membandingkan dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan model. Bekerja secara strategis dengan menggunakan pemikiran dan penalaran yang baik. Melakukan refleksi dari apa yang mereka kerjakan dan mengkomunikasikan interpretasi dan penalarannya. sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu Mengembangkan model situasi yang kompleks dan menggunakannya serta mengidentifikasi kendala-kendala dan asumsi asumsi. Memilih, membandingkan dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan model.

 Kata kunci :   Kemampuan Siswa, PISA level 5, Gaya Kognitif.


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2019. Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

OECD (2019), PISA 2018 Assesment and Analytical Framework, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (online), (https://jdih.kemdikbud.go.id/), diunduh 20 Desember 2021

Pusat Penilaian Pendidikan. 2019. Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Balitbang, Kemendikbud.

Putra, Yudi Yunika. 2020. Literasi Matematika Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Sleman : Deepublish

Simalango, Maria Mareta. dkk. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal- Soal PISA Pada Konten Change and Relationship Level 4,5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 43-58

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Suryanti, Nunuk. 2014. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. 4(1), 2089- 3310

Undang – undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), (http//www.jdih.bpk.go.id), diunduh 20 Desember 2021




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.3001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Windy Tasya Ameliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/