PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Motivasi belajar matematika merupakan elemen penting dalam pembelajaran matematika. Motivasi belajar matematika siswa berbeda-beda dalam hal tingkat motivasi dan jenis motivasinya. Setiap siswa dapat termotivasi secara intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama dalam aktivitas belajar matematikanya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Ada atau tidaknya pengaruh motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negri 2 Jombang, (2) Ada atau tidaknya pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jombang, (3) Ada atau tidaknya pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jombang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Obyek penelitian adalah motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jombang berjumlah 320 siswa yeng telah terkelompok menjadi 10 kelas. Sampel penelitian adalah 3 kelas VIII yang dipilih secara random dari 10 kelas VIII yang homogen dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Instrumen kuesioner adalah Mathematics Learning Motivation Qustionnaire (MLMQ) online menggunakan Google Formulir. Data dianalisis dengan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian adalah (1) Motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jombang. Secara parsial, jika motivasi intrinsik bertambah satu satuan maka prestasi belajar matematika siswa meningkat sebesar 0,095, (2) Motivasi ekstrinsik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jombang. Secara parsial, jika motivasi ekstrinsik bertambah satu satuan maka prestasi belajar matematika siswa menurun sebesar 0,049, (3) Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jombang. Secara bersama-sama, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 61 % terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP negeri 2 Jombang. Motivasi belajar matematika siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Oleh karena itu, penting bagi guru bagaimana memahami motivasi belajar matematika siswa, agar dapat memahami perilaku belajar siswa
Kata kunci: Motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, motivasi belajar matematika, prestasi belajar matematikaFull Text:
PDFReferences
Aida, S. ( 2009). Motivation in the Learning of Mathematics. Europea Journal of Social Science. 7(4). https://www.researchgate.net/publication/265996639_Motivation_ in_ the_Learning_of_Mathematics, diakses tanggal 21Februari 2021.
Ayu Lestari Azis. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X Di SMKN 4 Makassar. http://eprints.unm.ac.id/4440/1/AYU%20LESTARI%20AZIS.pdf, diakses tanggal 8 nopember 2021.
Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian.UMM Press. Malang
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fiorella dkk. (2021). IJ STEM Ed. Validation of the Mathematics Motivation Questionnaire (MMQ) for secondary school students. https://stemeducationjournal.springeropen.com/articles, diakses tanggal 21 September 2021.
Hutomo.S. ( 2021). Motivasi Belajar Siswa, Pengertian Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa. https://hutomosungkar.com/motivasi-belajar-siswa-pengertian- bentuk-dan-faktor-yang-mempengaruhi-motivasi-belajar-siswa, diakses tanggal 8 September 2021.
I Made Yuliara. (2016a). Modul Regresi Linier Sedernana. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/3218126438990fa0771ddb555f7 0be42.pdf, diakses tanggal 28 November 2021.
I Made Yuliara. (2016b). Modul Regresi Linier Ganda. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/5f0221d2b0bb7ced1d61798fab7 f4ad3.pdf, diakses tanggal 28 November 2021.
Laerd.(2022). https://statistics.laerd.com/spss-tutorials/multiple-regression-using-spss-statistics.php. diakses tanggal 20 Januari 2022.
Moh. Nazir. (1988). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta Timur.
Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset.
Putri Junita. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta IRA Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/12055/1/SKRIPSI%20FULL.pdf, diakses tanggal 4 Nopember 2021.
Pintrich, dkk. (1991). A Manual for the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED338122.pdf, diakses tanggal 10 Nopembr 2021.
Ryan,R.M & Deci,E.L. (2000a). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. http://www.idealibrary.com, diakses tanggal 18 September 2021.
Ryan,R.M & Deci,E.L. (2000b). CSDT (Center for Determination Theory). (2021). Intrinsic Motivation Inventory (IMI). https://selfdeterminationtheory.org/intrinsic-motivation- inventory/,. diakses tanggal 8 Nopember 2021.
Ryan,R.M & Deci,E.L. (2020c). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective. Definitions, theory, practices, and future directions. Institute for Positive Psychology and Education, Australian Catholic University, Australia University of Rochester, United States.https://selfdeterminationtheory.org/wp- content/uploads/2020/04/2020_RyanDeci_CEP_PrePrint.pdf. diakses tanggal 18 September 2021.
Riya Jain and Priya Chetty. (2019). https://www.projectguru.in/interpret-results-linear-regression- test-spss/, diakses tanggal 20 Desember 2021.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta. PT.Rineka Cipta.
Tim Penyusun. (2021). Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jombang.STKIP PGRI JOMBANG.
Wikipedia. (2021). Prestasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Prestasi, diakses tanggal 18 September 2021.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i1.3150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Slamet Rijanto, Slamet Boediono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/