PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Nuniek Emmy Wulandari

Abstract


Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika adalah metode pembelajaran snowball throwing. Snowball throwing adalah metode pembelajaran dengan cara membentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapatkan tugas dari guru kemudian masing-masing siswa membuat soal (kertas pertanyaan) yang dibentuk seperti bola lalu dilempar ke siswa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X KI SMK Negeri Mojoagung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X KI SMK Negeri Mojoagung tahun pelajaran 2022/2023, yang berjumlah 34 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Dalam penelitian ini tampak proses pelaksanaan metode pembelajaran snowball throwing pada kelas X KI SMK Negeri Mojoagung tahun pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II. Pada siklus I pembelajaran I sebesar 70% menjadi 78,33% pada pembelajaran II. Sedangkan pada siklus II pembelajaran I sebesar 83,33% menjadi 85% pada pembelajaran II. Sedangkan pada prestasi belajar siswa pada siklus I memiliki rata-rata 62,82 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa 50%. Dan pada siklus II memiliki rata-rata 67,47 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa 88,24%. Pada tingkat kemampuan berfikir kritis siswa juga terdapat peningkatan. Pada siklus I pembelajaran I sebesar 74,89%  menjadi 75,95% pada pembelajaran II. Sedangkan pada siklus II pembelajaran I sebesar 79,10% menjadi 80,46% pada pembelajaran II.  Jadi penerapan metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X KI SMK Negeri Mojoagung tahun pelajaran 2022/2023..

 

Kata kunci :   Metode pembelajaran snowball throwing,  kemampuan berfikir kritis , hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Bk Noor Mandiri, Endar Sucipto. 2004. Matematika SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2002 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Johanes, Kastolan, Sulasim. 2006. Kompetensi Matematika Kelas X. Jakarta: Yudhistira.

Kisworo, Endy. 2008. Model-model Pembelajaran, (Online), (http://learning-with-me.blogspot.com/2006_09_01_learning-with-me_archive.html

Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan Dalam KBK. Malang: UM Press.

Rachmadwidodo. 2009. Model–model Pembelajaran-18-snowball-throwing, (http://wyw1d.wordpress.com, diakses 11 September 2018).

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sunarto. 2010. Prestasi Belajar. (http://sunartombs.wordpress.com, diakses 10 Oktober 2018).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, Rochiyati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: ROSDA.

_______, 2010. Hasil Belajar, (Online) (dalam Forum.Upi.edu/V3/index.php, diakses 12 September 2018).




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i1.3160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuniek Emmy Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/