PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JOMBANG

Nadiya Satiya Parahita

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang wajib dipelajari oleh setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah tinggi. Guru memerlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Karena dengan model pembelajaran yang aktif dan efektif dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam memecahkan masalah yaitu dengan menggunakan model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui penekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, terpilih sampel untuk kelas kontrol yaitu X AK-2 dan sampel untuk kelas eksperimen X AK-1 dengan jumlah total sampel sebanyak 72. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes hasil belajar siswa (posttest). Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dua sampel bebas. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning adalah 79,639 dan rata-rata siswa yang diajar dengan model kooperatif adalah 70,194. Berdasarkan pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS for windows versi 20.0 hasil analisis uji hipotesis penelitian dengan perhitungan uji t-tes pada taraf signifikansi 5% diperoleh 𝑡𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,524 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,66691. Karena 𝑡𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ≥ 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 berarti 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang.

.

Kata kunci :   Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Anitah W, S. (2017). Strategi Pembelajaran. Banten: Universitas Terbuka

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Muhammad, N. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Garut. Jurnal Pendidikan

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Karawang: Prosiding Sesiomadika

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT RajaGrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i1.3163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadiya Satiya Parahita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/