PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD

Eka Agustina Rizkyati, Eny Suryowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa di MI Miftahul Ulum Jatipelem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian model yaitu Pottest-Only Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftahul Ulum Jatipelem. Sedangkan sampel pada penelitian ini 32 siswa dengan 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 16 siswa sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal post test yang telah diuji validitasnya menggunakan  validasi ahli.  Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel bebas (Independent Sample T Test).Berdasarkan perhitungan uji statistik pada pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,047. Pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria H0 ditolak jika nilai sig < 0,05, sehingga sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar Perbedaan Hasil Belajar Matematika  Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dengan Model Kooperatif Tipe STAD

 

Kata kunci: Model Pembelajaran PBL, Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Perbedaan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Amri. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.

Gunawan, Kustiani,L., dan Hariani, L. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Unikama, 12(1).

Handayani, M 2021. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar Jurnal PTK & Pendidikan. Banjarmasin : Universitas Achmad Yani Banjarmasin.

Martono, N (2014) Metode penelitian kuantitatif: Analisi Isi dan Data Sekunder. Jakarta : PT Raja Grafindo, Persada.

Putri, Reini A.D. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dan Model Problem Based Learning di Kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Setyorini, E. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Alat Peraga Bustuan.Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan. Vol. 2. No. 1.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar –Ruzz Media.

Siregar, N.R. 2017. Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika : Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu ImiIah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Sriyanto (2017). Mengorbankan Api Matematika, Sukabumi : CV Jejak

Syamsu, Fikri Nur, Intan Rahmawati, and Suyitno Suyitno. "Keefektifan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang." International Journal of Elementary Education 3.3 (2019): 344-350.

Wulandari. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Nanggulan. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i2.3410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Agustina Rizkyati, Eny Suryowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/