PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, MINAT BELAJAR, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BUDI UTOMO

Brima Happy Rahmatulloh, Abd. Rozak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) seberapa beasr pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo. (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo, (3) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo, dan  (4) pengaruh kecerdasan intelektual, minat belajar, dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di SMP Budi Utomo Perak Jombang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 295 siswa dan 60 siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) besar pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo dengan sumbangan efektif sebesar 26,2%. (2) besar pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo dengan sumbangan efektif sebesar 11,7%. (3) besar pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo dengan sumbangan efektif sebesar 1%. (4) besar pengaruh kecerdasan intelektual, minat belajar, dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Budi Utomo adalah 38,9%, sedangkan sisanya 61,1% dipengaruhi oleh faktor lain misalnya motivasi belajar, fasilitas belajar, perhatian orang tua, dan lingkungan teman sebaya.

Kata kunci: Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi


Full Text:

PDF

References


Ainun, N. (2017). Pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas vii mts yayasan pendidikan pesantren rahmat hamparan perak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). (Online). (http://repository.uinsu.ac.id/3125/1/PENGARUH%20KEBIASAAN%20BELAJAR%20SISWA%20TERHADAP.pdf), diakses 31 Juli 2023

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar; Kompilasi Konsep (M. Fadhli, Ed.). Medan, Indonesia: Pusdikra MJ

Anonim. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. (Online), (https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6) diakses 15 November 2022

Ekawati, D. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq Jember). (Online). (http://digilib.uinkhas.ac.id/9003/), diakses 31 Juli 2023

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hendriani, S. (2022). Upaya Peningkatan Prestasi Siswa Di SMP Negeri 7 Sawalunto. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 294-300. (Online). (https://jpion.org/index.php/jpi/article/view/56), diakses 30 April 2023

Laely, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika).

Lestari, W. (2019). Hubungan tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Oddang P, N. (2017). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus Pada Siswa SMAN 3 PALOPO) (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Pobela, D. H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Penelitian Ex-postfacto di Kelas IX SMP Negeri 2 Gorontalo). Skripsi, 1(411415023). (Online). (https://repository.ung.ac.id/en/skripsi/show/411415023/pengaruh-kecerdasan-intelektual-terhadap-hasil-belajar-matematika-siswa-studi-penelitian-ex-postfacto-di-kelas-ix-smp-negeri-2-gorontalo.html), diakses 31 Juli 2023

Saraswati, A. D., & Purnami, A. S. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Pleret Bantul. (Online). (https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2307), diakses 31 Juli 2023

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). (Online). (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/formatif/article/view/93), diakses 31 Juli 2023

Sikhah, F. (2017). The Relationship between The Level of Intelligence, Achievement Motivation, Mathematics Learning Habits and Learning Achievement. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 108-111. (Online). (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/13061), diakses 6 Maret 2023

Solissa, B. (2020). Pengaruh fasilitas dan motivasi belajar terhadap hasil Belajar matematika siswa pada kelas VIII di MTs Hasyim Asy'ary Ambon (Doctoral dissertation, IAIN Ambon). (Online). (http://repository.iainambon.ac.id/780/1/BAB%201,3,5.pdf), diakses 31 Juli 2023

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Supriyanto. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Undergraduate (S1) thesis, UIN Alauddin Makassar. (Online). (http://repositori.uin-alauddin.ac.id/9853/), diakses 31 Juli 2023

Suyono. (2015). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i2.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Brima Happy Rahmatulloh, Abd. Rozak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/