stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MATERI SPLTV | Sari | Edumath

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MATERI SPLTV

Vinka Yulindra Sari, Oemi Noer Qomariyah

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari pada semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Guru membutuhkan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa materi SPLTV kelas X SMAN 1 Ngimbang. Pendekatan penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan post test only control group design. Populasinya adalah semua kelas X SMAN 1 Ngimbang, yang terdiri dari kelas X-1 sampai dengan X-7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara undian. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, sampel pertama siswa kelas X-7 sebagai kelas eksperimen sampel yang kedua siswa kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar berupa 19 item soal. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik uji-t menggunakan program SPSS 20 for windows. Hasil uji-t diperoleh  , dengan dk = 68 diperoleh dengan taraf signifikan 5%. Hal ini berarti   sehingga  ditolak dan diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan motivasi belajar siswa materi SPLTV kelas X SMAN 1 Ngimbang dengan dan tanpa menggunakan model Problem Based Learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa materi SPLTV kelas X SMAN 1 Ngimbang

 

Kata kunci: Motivasi belajar matematika, Model Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Hamzah, B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhamad, Syahdan Sa’id. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring Di Man 2 Kebumen, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR). vol:2, No:2, 7-11.

Nelly, Adetiya Kusumasari. (2018). Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekononi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Ngimbang.

Nelly, Adetiya Kusumasari. (2018). Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekononi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Ngimbang.

Rini, Istanti. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar IPA Kelas X SD Gadingan Kecamatan Wates.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung : Remaja Rosdakarya..

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Fermana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 edisi 2009, Tentang Guru dan Dosen, Bandung, Depdiknas, Citra Umbara.

Yanti iyar windi, wakidi, m. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa. 01.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v17i1.3513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vinka Yulindra Sari, Oemi Noer Qomariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol