PEMBELAJARAN KONSEP OPERASI HITUNG (PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN) BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR

Umi Hanik

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan cara membelajarkan konsep operasi hitung  (penjumlahan dan pengurangan) bilangan bulat untuk siswa sekolah dasar. Tahapan yang dilakukan dalam pembelajaran konsep yaitu tahap pengenalan konsep secara konkret, tahap pengenalan konsep secara semi konkret atau semi abstrak dan tahap pengenalan konsep secara abstrak. Alat peraga yang digunakan  adalah kartu bilangan untuk tahap pengenalan konsep secara konkret dan garis bilangan pada tahap pengenalan konsep semi konkret atau semi abstrak. Kegagalan pengenalan konsep pada tahap konkret dan semi konkret atau semi abstrak menyebabkan siswa gagal dalam tahap pengenalan konsep secara abstrak sehingga siswa mengalami miskonsepsi yang akhirnya mengalami kesulitan belajar hingga berdampak pada hasil belajarnya.

Kata kunci: pengenalan konsep, alat peraga, miskonsepsi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/