PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DENGANCOOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

Ririn Febriyanti, Riris Arifatur Rini

Abstract


Banyak anak mengatakan bahwa matematika itu sulit dan membosankan karena mereka akan selalu bertemu dengan angka-angka dan rumus-rumus tanpa adanya permainan dan humor. Agar siswa senang dalam belajar matematika seorang guru dapat menerapkan model cooperative learning. Model  cooperative banyak sekali macam-macamnya diantaranya cooperative learning tipe Number Head Together dan cooperative learning tipe Jigsaw.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive.Pengumpulan data menggunakan metode tes, instrument menggunakan lembar tes serta dalam menganalisis data digunakan metode statistik dengan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas X akutansi menggunakan cooperative learning tipe number head together lebih tinggi yaitu sebesar 89,9 dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa menggunakan cooperative learning tipe jigsaw yaitu sebesar 85,5. Pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa  (1,779  2,00), ini berarti  diterima. Maka diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada siswa kelas X yang menggunakan cooperative learning tipe number head togetherdan cooperative learning tipe jigsaw tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe Number Head Together, Cooperative Learning Tipe Jigsaw,Hasilbelajar Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/