PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DAN LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII TINGKAT SMP/MTS

Titi Solfitri, Syarifah Nur Siregar, Yenita Roza

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya perangkat pembelajaran matematika sebagai sarana penunjang pembelajaran pada Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaranberbasis masalah pada materi bangun ruang sisi datar lingkaran untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD).Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE oleh Dick dan Carey yang tahapannya yaituanalysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen validitas berupa lembar validasi untuk menilai kelayakan silabus, RPP dan LKPD serta instrumen praktikalitas berupa angket respon yang akan diisi oleh peserta didik untuk menilai kepraktisan penggunaan LKPD. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tiga orang validator dan diujicobakan kepada kelompok kecil yang terdiri dari 10  peserta didik pada 9–10 Sept 2016 di SMP Negeri 1 Pekanbaru untuk penggunaan LKPD. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini sangat valid dengan rata-rata penilaian untuk silabus adalah4,42, untuk RPP adalah 4,23 dan untuk LKPD adalah 4,22. LKPD juga dinilai sangat praktis dengan rata-rata respon peserta didik mencapai 4,77dengan besar persentase yaitu 96%.

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah .Penelitian Pengembangan, Model Pengembangan ADDIE


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/