TEKNIK ASESMEN BERBASIS WACANA

Abdul Rozak, Arif Rahman Hakim, Mujiyem Sapti

Abstract


Prinsip dan praktek asesmen berbasis wacana adalah keterlibatan  siswa secara aktif dalam pembelajaran dan asesmen, sehingga siswa mau berbicara untuk mengemukakan pendapat atau pemahamannya.  Untuk memotivasi keterlibatan siswa dalam konteks masalah guru dapat “mengaitkan siswa”  ke  dalam  situasi  kehidupan  nyata  dengan  cara  mengajukan  pertanyaan,  humor,  penyajian kreatif,  dan  lain-lain.  Ada  tiga  teknik  asesmen  berbasis-wacana,   yaitu  (1)  temperature   taking,  (2) funneling responses,  dan (3) probing  assessment.  Pada makalah ini disajikan contoh teknik asesmen berbasis wacana di dasarkan  pada observasi  lapangan  yang dilakukan  di SMPN 40 Purworejo,  Jawa Tengah

Kata Kunci:  Asesmen, wacana


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v3i1.402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/