TEKNIK ASESMEN BERBASIS WACANA
Abstract
Prinsip dan praktek asesmen berbasis wacana adalah keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan asesmen, sehingga siswa mau berbicara untuk mengemukakan pendapat atau pemahamannya. Untuk memotivasi keterlibatan siswa dalam konteks masalah guru dapat “mengaitkan siswa” ke dalam situasi kehidupan nyata dengan cara mengajukan pertanyaan, humor, penyajian kreatif, dan lain-lain. Ada tiga teknik asesmen berbasis-wacana, yaitu (1) temperature taking, (2) funneling responses, dan (3) probing assessment. Pada makalah ini disajikan contoh teknik asesmen berbasis wacana di dasarkan pada observasi lapangan yang dilakukan di SMPN 40 Purworejo, Jawa Tengah
Kata Kunci: Asesmen, wacana
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v3i1.402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/