PENGARUH PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN SETTING STUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGTERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X

Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Keberhasilan dalam suatu pembelajaran dikelas bergantung pada kepiawaian guru untuk menerapkan cara yang efektif dan efisien agar tujuan pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal, siswa dapat memahami menyelesaikan soal dan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran pemecahan masalah matematika dengan setting student facilitator and explaining dibuat untuk membantu siswa dalam pemecahan masalah dan lebih aktif dalam pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment yang dibagi menjadi kelas kontrol dan eksperimentbertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran pemecahan masalah matematika dengan setting student facilitator and explaining  terhadap hasil belajarsiswa kelas X  MAN Rejoso Tahun Ajaran 2014/2015 .Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang di uji validitas dan reliabelitas. Hasil penelitian diperoleh dari uji normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil SPSS versi 17.0 menujukkan nilai sig (0.04) < 0,05 artinya Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan Ada Pengaruh Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Dengan Setting Student Facilitator And Explaining  Terhadap Hasil BelajarSiswa Kelas X  MAN Rejoso Tahun Ajaran 2014/2015

Kata kunci : Pemecahn masalah matematika, Student Facilitator and Explaining, Hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v3i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/