PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS VI SDN KRANGGAN 4 KOTA MOJOKERTO

Nur Rohmah Nilam Sari

Abstract


Penelitian ini bertitik awal dari permasalahan ketidak berhasilan pembelajaran matematika di kelas VI  SDN Kranggan 4, Kec. Prajurirkulon, Kota Mojokerto tentang materi sistem koordinat kartesius dengan hasil rata - rata tes masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu sebesar 68. Dalam penelitian ini dirancang sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model model pembelajaran Course Review Horay, pengkajian kemampuan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran konsep sistem koordinat kartesius dengan model pembelajaran Course Review Horay dan pengkajian hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep sistem koordinat kartesius melalui model pembelajaran Course Review Horay. Model pembelajaran Course Review Horay dirancang secara teoritis dalam aspek mengamati, mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi pada penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep sistem koordinat kartesius di kelas VI SDN Kranggan 4, Kec. Prajuritkulon, Kota Mojokerto jika disusun dengan tepat. Tindakan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran konsep sistem koordinat kartesius dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SDN Kranggan 4 adalah berupa kegiatan pembelajaran reflektif dan sangat menarik perhatian siswa ketika materi sistem koordinat ini diintegrasikan pada pelajaran seni rupa. Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Kranggan 4 pada materi sistem koordinat. Hal ini tergambar dari rata-rata aktivitas siswa siklus I mencapai 2,375 dan meningkat sebesar 3,325 pada siklus II dan rata – rata aktifitas guru siklus I mencapai 2,705 dan meningkat 3,529. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes tindakan setiap siklus, dimana siklus I 70,27 % dengan rata – rata 74,81  dan siklus II mencapai 91,89 % siswa yang mencapai nilai KKM dengan rata – rata 81,35. Dan dari data analisis angket siswa menunjukkan skor pencapaian sebesai 3,81 dengan kategoti tinggi, hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias terhadap pembelajaran yang berlangsung. Model pembelajaran pembelajaran Course Review Horay sudah terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran di kelas VI SDN Kranggan 4. Selain berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran, penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dalam pembelajaran materi lain telah dibuktikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kranggan 4, Kec. Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

 

Kata kunci: Aktifitas Siswa, Hasil Belajar, sistem koordinat kartesius, model pembelajaran Course Review Horay.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i2.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/