PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DENGAN DAN TANPAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY

Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran di mana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda. Pembelajaran course review horay merupakan tipe dalam model pembelajaran kooperatif dan menguji pemahaman konsep siswa menggunakan kartu soal bernomor untuk menuliskan jawaban, kelompok yang menjawab soal dengan benar bersorak horay sehingga dapat mendorong siswa agar terlibat langsung dalam pembahasan materi serta melatih kerjasama dalam kelompok sehingga suasana kelas terlihat menyenangkan dan tidak monoton. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen berjenis quasi experiment dengan desain Two–group Post–Test–Only Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes. Instrumen penelitian ini berupa soal tes. Teknik analisis data menggunakan software SPSS for windows versi 20. Hasil analisis output Independent Samples Test didapatkan nilai Sig<α atau 0,002 < 0,05 sehingga H0ditolak atau Haditerima. Jadi, disimpulkan bahwa ada perbedaan rata–rata hasil belajar matematika siswakelas VIII dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe course review horay, hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i2.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/