MODUL PEMBELAJARAN LIMIT DENGAN TEORI APOS UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ADVANCED MATHEMATICAL THINKING

Retno Marsitin, Nyamik Rahayu Sesanti, Nur Farida

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan mengembangkan modul pembelajaran limit dengan teori APOS untuk menumbuhkan Advanced Mathematical Thinking (AMT). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian pengembangan menggunakan desain pengembangan Richey dan Klein dengan model Dick dan Carey untuk tahap pengembangan materi. Desain pengembangan Richey dan Klein meliputi: analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation). Model Dick dan Carey meliputi: mengidentifikasikan tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan lingkungan, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif (melalui tes ), merevisi bahan pembelajaran, dan  mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif (melalui tes). Pembelajaran limit dengan teori APOS yang dikembangkan divalidasi oleh validator materi, validator pembelajaran dan validator desain produk modul. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Pengembangan penelitian dilakukan dengan uji coba pada mahasiswa pendidikan matematika yang menempuh matakuliah kalkulus.  Selama uji coba dilakukan observasi dan tes kemampuan Advanced Mathematical Thinking (AMT) sebagai tes akademik mahasiswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran limit dengan teori APOS dapat menumbuhkan kemampuan Advanced Mathematical Thinking (AMT) mahasiswa pendidikan matematika dan modul pembelajaran limit dengan teori APOS lebih efektif serta layak digunakan dalam pembelajaran kalkulus.

 

Kata kunci: modul, pembelajaran, limit, teori APOS, Advanced Mathematical Thinking

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i2.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/