PENINGKATAN HASIL BELAJARMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING KELAS VII-2 SMP NEGERI 3PURWOHARJO BANYUWANGITAHUN PELAJARAN 2016-2017

Murdiwardaya Murdiwardaya

Abstract


Metode dalam pembelajaran merupakan cara yang teratur untuk mencapaitujuan pengajaran dan untuk memperoleh kemampuan dalam mengembangkan aktivitas belajar yang dilakukan pendidik dan siswa. Siswa yang aktif dalam pembelajaran matematika akan membuat dirinya lebih kreatif sehingga akan lebih mudah memecahkan masalah matematika. Aktifitas siswa dalam pembelajar sangat banyak meliputi aktifitas jasmani dan rohani. Keaktifan siswa dalam pembelajaran akan mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pelajarannya, yang nantinya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa.Untuk menumbuhkan sikap aktif, kreatif dan inovatif dari siswa tidaklah mudah. Fakta yang terjadi adalah guru dianggap sumber belajar yang palingbenar. Proses pembelajaran yang terjadi memposisikan siswa sebagai pendengar ceramah guru. Akibatnya proses belajar mengajar cenderung membosankan dan menjadikan siswa malas belajar.Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran dengan problem posing pada pelajaran matematika. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 58,95 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 70 % dan siklus 3 mencapai 85 %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan problem posingdapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas VII-2 dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan model pembelajaran dengan problem posing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Purwoharjo Kab. Banyuwangi.

Kata Kunci :Model pembelajaran dengan problem posing,  Hasil Belajar Siswa, Pelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i2.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/