EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANDRAGOGI BERBASIS E-LEARNING PADA MAHASISWA PRODI MATEMATIKA STKIPPGRI JOMBANG DALAM MATAKULIAH DASAR UMUM

Ririn Febriyanti, Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Mahasiswa diaggap sebagai pebelajar orang dewasa, sehingga motivasidalam diri yang kuat dan kesiapan belajar secara mandiri sangat diperlukan dalam proses belajarnya untuk mencapai tujuan (kebutuhan). Pembelajaran elektronik (e-learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan (Internet, LAN, WAN) sebagai metode penyampaian, interaksi, dan fasilitasi serta didukung oleh berbagai bentuk layanan belajar lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Efektivitas pembelajaran Andragogi denganE-learning pada mahasiswa prodi matematika dalam matakuliah dasar Umum. (2) Peningkatan hasil belajar dewasa (mahasiswa) khususnya prodi matematika melalui pembelajaran AndragogidenganE-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang diawali dengan pengembangan perangkat rencana pembelajaran yang bertujuan untuk pengelolaan kelas sesuai pembelajaran andragogi berbasis e-learning. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari:(1) Lembar Observasi Pengelolaan Perkuliahan, (2)Lembar Observasi Aktivitas Mahasiswa pembelajaran andragogi dengane-learning, (3)Tes Hasil Belajar, (4) respon mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.Berdasarkan uji hipotesis dengan  diperoleh  dan  yang berarti bahwa  maka  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-learning efektif digunakan dalam pembelajaran matematika matakuliah dasar umum mahasiswa kelas 2015-C pendidikan matematika STKIP PGRI JOMBANG. Dengan memenuhi kriteria (1)  kemampuan  dosen  dalam  pengelolaan pembelajaran efektif. (2). Aktivitas mahasiswa efektif (3) respon mahasiswa positif terhadap pembelajaran. (4) rata-rata hasil belajar adalah 77.

 

Kata Kunci : Efektif, E-Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Andragogi




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i2.494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/