KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU STKIP PGRI JOMBANG DALAM MEMECAHKAN MASALAH FUNGSI KOMPOSISI

Syarifatul Maf'ulah, Safiil Maarif

Abstract


Pemecahan masalah merupakan inti dari matematika sekolah. Ini berarti siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika. Jika siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan pemecahan masalah, maka guru juga punya tanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga secara implisit, sebenarnya guru juga dituntut untuk mengembangkan kemampuannya dalam pemecahan masalah. Sedangkan mahasiswa STKIP PGRI Jombang adalah mahasiswa calon guru matematika. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa calon guru STKIP PGRI Jombang dalam memecahkan masalah fungsi komposisi. Pertimbangan memilih materi fungsi komposisi adalah karena fungsi komposisi merupakan salah satu materi dasar matematika yang terkait dengan materi-materi lainnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Prosedur pengambilan data adalah subjek diberi Tes Pemecahan Masalah (TPM), dilanjutkan proses wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan mengacu pada indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya. Selajutnya dianalisis melalui langkah reduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Subjek penelitian ini sebanyak dua mahasiswa dengan hasil TPM yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah kedua subjek memahami masalah dengan cara menuliskan hal-hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan. Kedua subjek juga merencanakan penyelesaian masalah fungsi komposisi dengan menggunakan definisi fungsi komposisi. Namun untuk mahasiswa berinisial IC menggunakan diagram panah dalam menyajikan fungsi f dan fungsi g. Selanjutnya menentukan hasil . Sedangkan untuk mahasiswa berinisial AY menyajikan fungsi f dan fungsi g dengan cara mendaftarkan setiap elemennya dalam bentuk pasangan berurutan. Selanjutnya menentukan hasil  Kedua subjek juga menerapkan apa yang telah direncanakan dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi. Namun untuk mahasiswa berinisial IC menuliskan hasil  dalam bentuk aturan yang merupakan pola umum dari elemen-elemen . Kedua subjek memeriksa kembali hasil penyelesaiannya dengan cara mengulang kembali proses yang yang telah dilakukan hingga mendapatkan hasil .

.Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Mahasiswa Calon Guru, Fungsi Komposisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i2.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/