UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Jauhara Dian Nurul Iffah

Abstract


Penelitian ini dimulai dari wawancara peneliti dengan guru mata matematika MTs. Al-Anwar Paculgowang Diwek tentang hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII B. Peneliti menemukan beberapa masalah diantaranya, dengan pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan tidak fokus, hal ini berimbas pada kurangnya pemahaman konsep pada materi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dimana proses pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B MTs Al-Anwar Paculgowang Diwek pada materi sistem pesamaan linear dua variabel.Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII B MTs Al-Anwar Paculgowang Diwek. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang diberikan tiap akhir siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahap penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII B MTs Al-Anwar Paculgowang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 mencapai 51% dengan rata-rata nilai 72 meningkat sebesar 32% pada siklus 2 menjadi 83% dengan rata-rata 91

 

Kata Kunci : CTL, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/