stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS GESTUR SISWA MTsN DENANYAR DALAM PENERAPAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION | Rachmawati | Edumath

ANALISIS GESTUR SISWA MTsN DENANYAR DALAM PENERAPAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION

Reni Rachmawati, Edy Setiyo Utomo

Abstract


Paradigma  pembelajaran  matematika  telah  berubah  dari  pembelajaran  tradisional yang  berpusat  kepada  guru  menjadi  pembelajaran  inovatif  yang  mengedepankan  siswa sebagai  pusat  dari  kegiatan  pembelajaran.  Inovasi  pembelajaran  yang  dapat  mengaktifkan siswa  salah  satunya  adalah  model  pembelajaran  Kooperatif  tipe  Auditory  Intellectually Repetition.  Melalui  tahap  intelectually  ini  siswa  dapat    menggunakan  berbagai  cara  untuk mencoba  membangun  pemahaman  baik  untuk  sendiri  maupun  orang  lain,  salah  satunya adalah  dengan  memerankan  Gestur    pada  saat  pembelajaran.  Gestur  adalah  suatu  bentuk komunikasi  non-verbal  dengan  aksi  tubuh  yang  terlihat  mengkomunikasikan  pesan-pesan tertentu, baik sebagai pengganti wicara atau bersamaan dan paralel dengan kata-kata. Tujuan dalam  penelitian  ini  adalah  untuk  menganalisis  gestur  siswa  dalam  proses  pembelajaran bangun  ruang.  Jenis  penelitian  ini  penelitian  kaulitaitf  dengan  pendekatana  deskriptif. Subyek  dan  sumber  data  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  VIII  J  MTsN  Denanyar Jombang. Instrumen utama adalah peneliti, dan instrumen pendukung lembar observasi dan pedoman  wawancara. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  merekam  pembelajaran  dengan menggunakan  handycam  dan  handphone  android,  observasi  serta  wawancara.  Hasil penelitian  dapat  dijabarkan  sebagai  berikut:  (1)  gestur  dapat  menimbulkan  tatapan  dimana mata tetap menatap materi matematika dalam waktu yang relatif panjang (2)  deictic gesture yang  diperankan  beberapa  siswa  saat  berpresentasi  mampu  membantu  teman  yang  lain untuk memahami materi dan menemukan selesaian matematika.  Kata Kunci: Gestur, Auditory Intellectually Repetition, bangun ruang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol