ANALISIS GESTUR SISWA MTsN DENANYAR DALAM PENERAPAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION
Abstract
Paradigma pembelajaran matematika telah berubah dari pembelajaran tradisional yang berpusat kepada guru menjadi pembelajaran inovatif yang mengedepankan siswa sebagai pusat dari kegiatan pembelajaran. Inovasi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition. Melalui tahap intelectually ini siswa dapat menggunakan berbagai cara untuk mencoba membangun pemahaman baik untuk sendiri maupun orang lain, salah satunya adalah dengan memerankan Gestur pada saat pembelajaran. Gestur adalah suatu bentuk komunikasi non-verbal dengan aksi tubuh yang terlihat mengkomunikasikan pesan-pesan tertentu, baik sebagai pengganti wicara atau bersamaan dan paralel dengan kata-kata. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis gestur siswa dalam proses pembelajaran bangun ruang. Jenis penelitian ini penelitian kaulitaitf dengan pendekatana deskriptif. Subyek dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII J MTsN Denanyar Jombang. Instrumen utama adalah peneliti, dan instrumen pendukung lembar observasi dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam pembelajaran dengan menggunakan handycam dan handphone android, observasi serta wawancara. Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) gestur dapat menimbulkan tatapan dimana mata tetap menatap materi matematika dalam waktu yang relatif panjang (2) deictic gesture yang diperankan beberapa siswa saat berpresentasi mampu membantu teman yang lain untuk memahami materi dan menemukan selesaian matematika. Kata Kunci: Gestur, Auditory Intellectually Repetition, bangun ruang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/