PENERAPAN VALUE –CLARIFICATION- TECHNIQUE ( VCT ) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDN 3 SRAGI KEC. SONGGON KAB. BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Tyas Budiono

Abstract


Proses pembelajaran khususnya  Matematika   akan lebih efektif dan bermakna apabila  siswa  berpartisipasi  aktif,  dengan  cara  ikut  aktif  mngerjakansoal-soal mempraktekkan  tugas  nyang  kongkrit  mengamati  mencatat    meprediksi    menyimpulkan semua  yang    diajarkan  guru      dan  bukan  sebaliknya  dalam  kelas  maupun  di  luar  kelas. Tetapi  sampai  saat  ini  masih  banyak  terdengar  keluhan  bahwa  mata  pelajaran Matematika    membosankan,  tidak  menarik,  yang  cenderung  membuat  siswa  menjadi kurang merespon saat pelajaran berlangsung, bahkan ada siswa yang tidak masuk sekolah takut  dengan  pelajaran  Matematika  .  Kenyataan  ini  adalah  suatu  persepsi  negatif terhadap  Matematika    sebagai  mata  pelajaran  umum  di  sekolah.  Tujuan  diadakan penelitian  tindakan  kelas  (  PTK )  ini  adalah  untuk  mengetahui sejauh  mana  peningkatan hasil  belajar  siswa  dalam  pelajaran  Matematika    dengan  menggunakan  Value Clarification  Technique.  Penelitian  tindakan  ini  dilakukan  dalam  3  siklus.  Dari  hasil tindakan  yang  dilakukan  terbukti  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dengan mencapai standar ideal. Dari 56 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 71 % dan Siklus 3 mencapai 85, %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian  tindakan  ini  menunjukkan  bahwa  penerapan  pembelajaran  dengan  Value Clarification  Technique  dapat  meningkatkan  hasil    belajar  siswa  kelas  V    dengan ketuntasan  mencapai  100%,  dengan  demikian  penerapan  pembelajaran  dengan  Value Clarification  Technique  efektif  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pelajaran Matematika   di SDN 3  Sragi Kec Songgon  Kab.. Banyuwangi   

Kata  kunci:  Value  Clarification  Technique,  Hasil  Belajar  Siswa,    Pembelajaran 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/