PROFIL METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN OPEN-ENDED PROBLEM PICTURES DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Jauhara Dian Nurul Iffah

Abstract


Proses berpikir merupakan aktivitas mental yang terjadi selama menyelesaikan soal matematika. Aktivitas mental tersebut dimulai dari penerimaan informasi, pengolahan, penyimpanan, dan pemanggilan informasi itu dari dalam ingatan serta pengubahan-pengubahan struktur yang meliputi pengetahuan-pengetahuan. Dalam menyelesaikan soal matematika, seseorang melakukan proses berpikir. Dalam benak orang tersebut terjadi proses berpikir sehingga sampai mendapatkan suatu jawaban. Bagaimana proses berpikir seseorang ketika menyelesaikan soal matematika. Hal ini perlu dikaji secara mendalam. Pada dasarnya setiap individu itu unik, berbeda antara individu satu dengan lainnya. Untuk menyelesaikan suatu soal matematika, bisa saja antar individu berbeda proses berpikirnya. Tulisan ini memaparkan hasil penelitian proses berpikir mahasiswa bergaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal matematika dengan langkah-langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bersifat kualitatif. Melalui wawancara yang mendalam akan diperoleh proses individu dalam menyelesaikan soal matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA yang berjumlah minimal 3 siswa. Subjek ini minimal 1 siswa untuk masing-masing berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Untuk memperoleh data yang valid, dilakukan triangulasi waktu. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek yaitu subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah melakukan ketiga aktivitas metakognisi yaitu planning, monitoring dan evaluating. Proses metakognisi ketiga subjek berbeda antar subjek dengan kemampuan yang berbeda. Terlihat dari setiap subjek memiliki cara yang berbeda dalam mengatur kognisinya dan dalam menyadari soal yang diberikan. 

 

Kata kunci: profil, metakognisi, open ended picture, kemampuan matematika.



DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v2i1.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/