ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT PADA SISWA KELAS VII

Dorkas D. Raddi, Askury ., Sizillia Noranda Mayangsari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa Kelas VII dalam menyelesaikan soal matematika pada meteri bilangan berpangkat. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Wignya Mandala Tumpang dengan jumlah subjek 23 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah jenis – jenis kesalahan yang dilakukan SMPK Widnya Mandala Tumpang kelas VII dalam menyelesaikan soal pada pokok pembahasan materi bilangan berpangkat. Pengambilan data dilakukan melalui pemberian tes dan wawancara.Teknikpengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat adalah kesalahan konseptual dan prosedural. Bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat yaitu: 1) Kesalahan menuliskan pangkat yang sejajar dengan bilangan pokoknya, 2) Kesalahan dalam menerapkan bilangan pokoknya, 3) Benar dalam mengoperasikan langkahnya, tetapi salah dalam menuliskan jawaban akhirnya, 4) Kesalahan dalam mengoperasikan langkahnya, tetapi benar dalam menuliskan jawaban akhirnya.

 

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Bilangan Berpangkat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i1.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/