PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN TAMBAKBERAS JOMBANG DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Tri Wahyuni, Syarifatul Maf'ulah

Abstract


Pendidikan sekolah di Indonesia masih menyedihkan bila dilihat dari hasil belajarnya, terutama pada mata pelajaran Matematika. Pada dasarnya matematika sebagai ilmu pengetahuan yang sangat menarik, didalamnya selalu dibahas sebuah permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Matematika dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam berfikir logis,  rasional, kreatif dan kritis. Oleh karena itu, pengetahuan matematika harus dikuasai mulai sedini mungkin oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Tambakberas Jombang dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray tahun pelajaran 2017/2018.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa tes untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X MIPA MAN Tambakberas Jombang, sedangkan sampelnya adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas uji validasi, kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian dari tes hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 76,70 dan kelas kontrol 63,70. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t (Independent Sample t-tes. Pengujian ini   dilakukan dengan menggunakan perhitungan SPSS 20 for windows. Berdasarkan perhitungan dengan SPSS 20 for windows didapat nilai Sig.(2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig.(2-tailed) = 0,000, berarti 0,000 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha  diterima. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Tambakberas Jombang dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray tahun pelajaran 2017/2018.


Kata kunci: Model pembelajaran koopertif tipe two stay two stray, Hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i1.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/