PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGENALAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS I SDN PESANTREN TEMBELANG JOMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Artining Wahyu

Abstract


Konsep pelajaran matematika secara umum sifatnya abstrak. Begitu juga pada materi bangun datar. Perwujudannya hanya ditampilkan dalam bentuk gambar. Sehingga dalam memahaminya siswa masih berimajinasi. Oleh karena itu agar pemahaman siswa lebih maksimal maka konsep materi bangun datar dapat diwujudkan dengan permainan edukatif menggunakan media pembelajaran Tangram. Berdasarkan hal tersebut, peneliti perlu untuk melakukan penelitian tentang pengenalan bangun datar melalui media pembelajaran Tangram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkattan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas I Pesantren Tembelang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 11 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari seluruh aktivitas belajar siswa diantaranya dalam berdiskusi kelompok pada siklus I mencapai 60% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%, mengajukan pertanyaan pada siklus I mencapai 56.7% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 73.3%, memperhatikan presentasi pada siklus I mencapai 73.3% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 83.3%, dan tertib selama pembelajaran pada siklus I mencapai 70% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 83.3%. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan belajar siswa pada sisklus I mencapai 63,6% dengan nilai rata-rata 65, dan pada silkus II mengalami peningkatan sebesar 90,9%dengan nilai rata-rata 85. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN Pesantren Tembelang Jombang tahun ajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Aktivitas belajar, Tangram

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i1.734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/