PENERAPAN MEDIA DEKAK-DEKAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS I SDN PESANTREN TEMBELANG JOMBANG

Artining Wahyu

Abstract


Kesulitan siswa dalam memahami penjumlahan dan pengurangan pada bilangan asli menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan sulitnya siswa dalam menyerap materi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berupaya menerapkan pembelajaran dengan bantuan alat peraga Dekak-dekak dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli sampai dengan 20 di SDN Pesantren. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar siswa dan mengetahui respon siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan alat peraga dekak-dekak.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes hasil belajar siswa, metode pengamatan aktivitas siswa dan guru, serta metode angket respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dekak-dekak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65,5% meningkat pada siklus II menjadi80,5% tergolong dalam kriteria baik, aktivitas guru pada siklus I sebesar 66,3% meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kriteria baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus Isebesar 65dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 63,6 % meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,9 % pada siklus II. Sedangkan angket respon siswa menunjukkan hasil yang positif dengan respon siswa positif sebesar 80 %. Sehingga dapat disimpulkan penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga dekak-dekak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli sampai sampai dengan 20 di SDN Pesantren Tembelang Jombang.

 

Kata kunci : hasil belajar, aktivitas belajar, alat peraga deka-dekak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/