PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN CANDIMULYO 1 JOMBANG TAHUN 2013/2014

Royal men

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Candimulyo 1  yang disebabkan oleh a) siswa kurang memahami materi pecahan dan b) masih kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan 1) pengelolaan kelas 2) aktivitas siswa dan 3) hasil belajar siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Candimulyo 1  dengan jumlah subjek 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materibangun ruang.. Aktivitas siswa pada siklus I ketercapaian klasikalnya 68,5 % dan pada siklus II 75,64%. Hasil belajar pada siklus I ketuntasan klasikalnya sebesar 75% dan pada siklus II 100%.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/