PENERAPAN MODEL ASSURE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI 3 PURWOHARJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di semua jenjang pendidikanyang memliki peran yang sangat penting dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam kegiatan belajar mengajar, siswa adalah sebagai subjek dan objek dari kegiatan pengajaran. Sehingga inti dari proses pengajaran adalah kegiatan belajar siswa dalam mencapai suatu tujuan. Tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran selesai. Hasil belajar merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran. Hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses pembelajaran. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ASSURE pada pelajaran matematika. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat peningkatan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 56,41 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 67,69 % dan siklus 3 mencapai 80 %, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model ASSURE dapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IX-3 dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan model ASSURE efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Purwoharjo Banyuwangi
Kata Kunci: Model Pembelajaran ASSURE, Pelajaran Matematika di SMP, Hasil beljar Siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/