PERBANDINGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN BADANG I KECAMATAN NGORO DI DATARAN RENDAH DAN SISWA KELAS V SDN GELARAN II KECAMATAN BARENG DI PEGUNUNGAN KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Royal men

Abstract


 Tingkat kesegaran jasmani begitu penting bagi seseorang maka segala sesuatu yang mendukung tingkat kesegaran jasmani yang baik, diharapkan sudah diterapkan sejak anak usia dini. Masalah dalam penelitian ini adalah perbandingan tingkat kesegaran jasmani antara siswa kelas V SDN BADANG I Kecamatan NGORO di Dataran Rendah dan siswa kelas V SDN GELARAN II Kecamatan BARENG di Pegunungan di Kabupaten JOMBANG.

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN BADANG I Kecamatan NGORO di Dataran Rendah dan siswa kelas V SDN GELARAN II Kecamatan BARENG di Pegunungan di Kabupaten JOMBANG.

              Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian perbandingan (comparative research). populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN BADANG I dan siswa kelas V SDN GELARAN II, yang keseluruhanya berjumlah 35 siswa, terdiri dari 14 siswa dari SDN BADANG I dan 21 siswa dari SDN GELARAN II. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan teknik dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dari Kemendiknas tahun 2010 untuk anak usia 10-12 tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis diskriptif kuantitatif (tabulasi frekuensi).

            Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN BADANG I Kecamatan NGORO di Dataran Rendah dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN GELARAN II Kecamatan BARENG di Pegunungan di Kabupaten JOMBANG, berdasarkan prosentase tertinggi dan nilai tertinggi yang diperoleh. Tingkat kesegaran jasmani siswa SDN GELARAN II yang berada di pegunungan prosentase (57,1%) dalam kriteria sedang, nilai tertinggi yang diperoleh (23) dalam kriteria baik sekali dan tingkat kesegaran jasmani siswa SDN BADANG I yang berada di Dataran rendah prosentase (50%) dalam kriteria sedang, nilai tertinggi yang diperoleh (19) dalam kriteria baik.

Kata kunci : Tingkat Kesegaran Jasmani, Daerah Dataran Rendah, Daerah Pegunungan.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/