PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 2 MI DARUSSALAM CURAHMALANG SUMOBITO

Royal men

Abstract


Kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika bukan merupakan masalah yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran  jaring laba laba (webbed). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Darussalam yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi lembar aktivitas siswa dan tes.Hasil penelitian adalah: a) prosentase aktivitas siswa dalam model pembelajaran jaring laba laba (webbed) yakni dari 72%  dikategorikan aktif  pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dikategorikan sangat aktif. Sehingga aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 28 %.  b) hasil belajar siswa dalam model pembelajaran jaring laba laba (webbed) diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 66,55 dengan prosentase ketuntasan 64%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 85,5 dengan prosentase ketuntasan 100%. Ini menunjukkan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jaring laba laba (webbed) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika

Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/