ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI TINGKAH LAKU (BEHAVIORAL) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR MATEMATIKA

Muhammad Zidni Nuron, Ama Noor Fikrati

Abstract


Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep  materi matematika dan kurang berperan  aktif dalam  belajar adalah  permasalahan  yang terjadi  pada peserta didik  kelas X MA  Syarif  Hidayatullah.  Guna  mengatasi  permasalahan  tersebut  dilakukan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik  dan  hasil  belajar  menggunakan  penerapan  model  pembelajaran  modifikasi  tingkah laku (Behavioral). Penelitian ini  memperoleh  hasil  yang  meningkat dari siklus I ke siklus II  sebagai  berikut:  1)  observasi  aktivitas  guru  memperoleh  hasil  73%  kriteria(C)  dan meningkat menjadi 86% kriteria(A), 2) observasi aktivitas peserta didik memperoleh hasil 66%  kriteria(C)  dan  meningkat  menjadi  79%  kriteria(B),  3)  hasil  belajar  peserta  didik memperoleh  nilai rata-rata 70,27  dengan  persentase  klasikal 66%  dan  meningkat  menjadi 80,22  dengan  persentase  klasikal  83%.  Terdapat  peningkatan  pada  seluruh  aspek  yang diamati  disiklus  II,  maka  siklus  dapat  dihentikan.  Disimpulkan  bahwa  penerapan  model pembelajaran  tersebut  mampu  meningkatkan  seluruh  aspek  yang  diamati  pada  materi persamaan kuadrat..   

Kata kunci: Behavioral, PTK, Hasil. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/