PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 BARENG

Ani Prastianingsih, Slamet Boediono

Abstract


Pada konteks kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran yang semula berfokus pada guru menuju pembelajaran yang inovatif dan berfokus pada siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah pair check. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Bareng Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Pre-Experimental dengan jenis the one group pre-test post-test design. Data dikumpulkan dengan analisis data hasil belajar siswa melalui tes (pre-test) dan tes (post-test) dari 27 siswa. Tenik analisis data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan statistik. Hipotesis yang dirumuskan akan diuji dengan statistik parametrik menggunakan t-test. Berdasarkan data penelitian yang sudah terkumpul dan sudah dianalisis pada bab 4, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) pada Paired Sample Test sebesar 0,000 yang artinya Sig. (2-tailed)  yaitu  0,000  0,05 maka  ditolak dan  diterima maka ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Bareng

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check, Hasil Belajar



DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i2.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/