PENGUATAN KONSEP KOMBINATORIKA SEBAGAI PERSIAPAN PELAKSANAAN OLIMPIADE MATEMATIKA DI SMAN 1 TORJUN

Nur Aini S.

Abstract


Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan penguatan konsep kombinatorika kepada siswa-siswi SMAN 1 Torjun sebagai persiapan dalam menghadapi pelaksanaan olimpiade matematika. Kegiatan ini diikuti sebanyak 10 peserta dilakukan dengan cara pembimbingan dan pendampingan secara intensif baik secara tatap muka langsung maupun jarak jauh dengan menggunakan alat komunikasi email dan grup whatsapp. Pembimbingan dan pendampingan secara tatap muka dilakukan selama 3 hari. Pada hari pertama dilakukan pre test untuk mengetahui pemahaman awal peserta terhadap konsep kombinatorika kemudian dilanjutkan pemberian materi dan latihan soal. Pada hari kedua peserta diberikan materi dan latihan soal. Pada hari ketiga dilakukan post test untuk mengukur pemahaman peserta terhadap konsep kombinatorika setelah diberikan penguatan materi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penguatan konsep kombinatorika sebagai persiapan pelaksanaan olimpiade matematika di SMAN 1 torjun dapat dikatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai tes kemampuan peserta pada saat pre test dan post test. Adapun persentase peserta yang memiliki nilai ≥70 setelah dilakukan kegiatan ini adalah 70% yang artinya lebih separuh jumlah peserta memiliki tingkat pemahaman yang baik dalam mengerjakan soal-soal kombinatorika


Keywords


Kombinatorika, Olimpiade Matematika, SMAN 1 Torjun

Full Text:

PDF

References


Astuti, Fitri dkk. 2015. Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Peluang di MAN SANGGAU. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol.4 No.10 (2015).

Binatari, N. 2012. Pembinaan Menghadapi Olimpiade Matematika Tingkat SMA.

Kemendikbud. 2019. Pedoman Olimpiade Sains Nasional Tahun 2019.

-----------------. 2019. Kisi-kisi Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMA.

Rahayuningsih, S. 2016. Meminimalisir Kesalahan Konsep Kombinatorik Melalui Pembelajaran PACE. LIKHITAPRAJNA Vol.18 No.2 Hal 67-78.

https://id.wikipedia.org/wiki/Olimpiade_Sains_Nasional diakses tanggal 20 Juni 2019




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v1i1.1317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.