PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Octaviana Arisinta

Abstract


Dampak dari keterbukaan pasar yang saat ini terjadi dibanyak negara tidak terkecuali Indonesia membawa dampak lain bagi masyarakat Indonesia, salah satu dampak yang muncul dari adanya keterbukaan pasar adalah meningkatnya konsumtif dikalangan masyarakat. Pada saat ini masyarakat Indonesia cenderung berperilaku konsumtif sehingga merasa kesulitan dalam mengatur keuangan keluarga. Seorang ibu rumah tangga yang memiliki usaha harus mempunyai strategi yang baik untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta menutupi kelemahan dan mengatasi hambatan yang dihadapi dalam dunia usaha. Dalam melaksanakan usaha diperlukannya informasi keuangan atau pengelolaan keuangan dalam bentuk laporan keuangan.

Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memberi bekal pengetahuan kepada para ibu rumah tangga yang memiliki usaha dengan target adalah terbentuknya tatanan masyarakat yang melakukan sistem pelaporan keuangan, diharapkan para usaha sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan serta merubah pola pikir mereka tentang pengelolaan atau pembuatan laporan keuangan yang susah dan diharapakan para ibu rumah tangga yang memiliki usaha tidak lagi mencampur uang pribadi dengan uang hasil usaha yang dijalankannya sehingga tercipta suatu kesejahteraan keluarga.

Metode pelaksanaan yang akan digunakan dalam program pengabdian ini adalah melalui pemberian pelatihan manjemen keuangan keluarga dan pembuatan laporan keuangan sederhana bagi ibu rumah tangga yang memiliki usaha. Kegiatan pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dalam mengelolah keuangan pribadi dan hasil usaha sehingga menciptakan suatu kesejahteraan keluarga dan  mampu mengembangkan usahanya lebih maju lagi serta para usaha juga dapat melihat peran dan pentingmya laporan keuangan bagi usaha mereka. Dalam metode pelaksanaan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan.


Full Text:

PDF

References


Anwas, O. M. (2013). Pengaruh Pendidikan Formal, Pelatihan, Dan Intensitas Pertemuan Terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(1), 50–62. Retrieved from http://www.jurnaldikbud.net/index.php/jpnk/article/ download/107/104.

Lolowang, M. G., Adolfina, & Lumintang, G. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt.Berlian Kharisma Pasifik Manado. Jurnal EMBA, 4(2), 177–186.

Mamahit, R. (2013). Tingkat Pendidikan, Pelatihan Dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sulawesi Utara, 1(4), 936–945.

Munandar, A., Meita, I., & Putritanti, L. R. (2018). Pelatihan Pembukuan Dan Pencatatan Keuangan Sederhana Kepada Siswa / I Yayasan Prima Unggul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 527–532.

Nitta Turere, V. (2013). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan.... Emba, 1(3), 10–19.

Pangeran, P. (2011). SIKAP KEUANGAN RUMAH TANGGA DESA PADA, 8(1), 35–50.

Santoso, F. I. (2018). Pelatihan Akuntansi Dasar Perencanaan Keuangan Keluarga DiRW 40 Kampung Pasekan Maguwoharjo. In Implementasi Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat (pp. 79–84).

Satria, R. O., & Kuswara, A. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Kerja serta Implikasinya Pada Produktivitas Pegawai Dinas Perhubungan Kota Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 7(2), 74–83.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v1i1.1355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.