QURAN MEMORIZATION TEST : MEDIA DIGITAL MELANCARKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA DI MASA PANDEMI COVID-19

Safiil Maarif, Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Pemanfaatan Aplikasi Quran Memorization Test bertujuan yaitu melancarkan hafalan juz amma siswa MI Al-Hikmah. Kegiatan ini juga dapat sebagai nilai tambah dalam menumbuhkan   generasi   mendatang   yang   lebih   berakhlak   Metode pelaksanaannya yakni setelah mempelajari ilmu tajwid dalam Al Qur’an, pengajar dapat mengkolaborasikan  Aplikasi Quran Memorization Test dalam pembelajarannya. Selanjutnya siswa  ditunjuk untuk mengoperasikan Aplikasi Quran Memorization Test. Dalam Aplikasi ini, setiap ayat dalam setiap surat di susun acak. Siswa diminta untuk menyusunnya kembali seperti semula. Selama proses menyusun, tidak diperkenankan untuk membuka juz amma. Siswa harus menggunakan memori hasil hafalannya yyang teradahulu. Jika siswa berhasil menyusun dengan benar tanpa mengalami kesalahan, maka dapat dikatakan siswa sudah lancar dalam menghafal surat tersebut. Program ini menggunakan metode yang rinci dan terjadwal mulai dari persiapan awal sampai dengan praktik pelaksanaan kegiatan. Kegiatan pengabdian ini telah dilakukan di MI Al-Hikmah dan hasilnya hafalan juz amma semua siswa yang mengikuti kegiatan ini menjadi lancar kembali untuk surat-surat yang jumlah ayatnya sedikit. Untuk surat-surat yang jumlah ayatnya banyak, beberapa siswa masih belum begitu lancar


Keywords


Juz ‘Amma, Aplikasi Quran Memorization Test

Full Text:

PDF

References


Falah, M. Z. (2016). Aplikasi Game Puzzle Al Quaran Juz Ke 30 untuk Meningkatkan Hafalan Juz ‘Amma Berbasis Android di Ponpes Al Muhsin.Jurnal Teknik Informatika STMIK El Rahma Yogyakarta.

Gade, F. (2014). Implementasi Metode Takrar dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 414-425.

Purwanto, S. (2007). Hubungan Daya Ingat Jangka Pendek dan Kecerdasan dengan Kecepatan Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 19(1), 70-83.

Trilisiana, N., & Pratiwi, H. R. (2016). Adiwiyata Educative Game Tool As a Supporting Medium of Children’s Rights in Enviromental Education for Elementary School Students in Beginning Class.The First International Conference on Child - Friendly Education, 2503-5185.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v4i1.2325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.