PEMANFAATAN POTENSI ALAM DAUN SIRIH DAN JERUK NIPIS MENJADI PRODUK BERNILAI GUNA DUSUN BANGUNREJO

Rohmatul Umami, Esty Saraswati Nur Hartiningrum, Zahrotun Nasikhah, Siti Dinarti

Abstract


Pandemi Covid-19 atau virus corona masih belum berakhir dan semakin berkembang jenis dan varian covid-19,virus covid-19 mewabah di seluruh dunia termasuk negara Indonesia. Kasus covid-19 di kabupaten Jombang masih terus meningkat, dan status wilayah jombang yang sudah memasuki zona merah. Area zona merah memiliki risiko penularan yang tinggi Pemerintah juga menganjurkan agar seluruh masyarakat Indonesia tetap sehat dan menerapkan gaya hidup sehat selama pandemi, seperti mencuci tangan dengan benar, memakai masker dan menggunakan hand sanitizer saat beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, diperlukan bahan antiseptic alternatif lain seperti hand sanitizer alami yang dibuat dari potensi alam. Potensi alam yang ada pada desa Bangunrejo yaitu daun sirih dan jeruk nipis yang melimpah, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai guna. Teknik pengumpulan data pada pengabdian masyarakat meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Metode pelaksanaan yang diterapkan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat. Pemanfaatan daun sirih dan jeruk nipis yang berlimpah dapat digunakan menjadi handsenitizer yang dapat bermanfaat selama masa pandemi covid-19. Pembuatan handsenitizer dapat membuka peluang bisnis bagi masyarakat setempat untuk memambah perekonomian keluarga, dan dapat menghemat pengeluaran karena dapat mengolah handsenitizer secara mandiri. Masyarakat lebih sadar akan kebersihan dalam mencuci tangan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus covid-19.

Keywords


Handsanitizer Herbal, Jeruk Nipis, dan Daun Sirih

Full Text:

PDF

References


Dewi, Desintya. 2012. Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis. Surabaya: Penerbit Stomata.

Handayani, Diah, dkk. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia 40(2), 119- 129.

Hapsari DN, Hendrarini L, dan Muryani S. 2015. Manfaat Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn) sebagai Hand Sanitizer untuk Menurunkan Angka Kuman Tangan. Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol 7(2): 79-84.

Moeleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Moeljanto, R. D., & Mulyono, D. (2003). Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Obat Mujarab dari Masa ke Masa. Agromedia Pustaka, Jakarta

Lauma, S.W., Pangemanan, Damajanti H. C., Bernart S. P Hutagalung. 2015. Uji Efektifitas Perasan Air Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia S) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro. Jurnal Ilmiah Farmasi-Unsrat. Vol. 4 No.4.

Lestari, Pramulani Mulya, dan Ani Pahriyani. 2018. Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Perasaan Buah Jeruk Nipis Bagi Guru, Siswa Siswi SMA Dan SMK Mutiara 17 Agustus Kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara. Jurnal SEMAR 6(3), 20-24.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v4i1.2341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.