PENGEMBANGAN DAN INOVASI PRODUK PADA HOME INDUSTRI MELINJO DI DESA LANGKAP KECAMATAN BURNEH

Ika Lis Mariatun, Octaviana Arisinta

Abstract


Salah satu industri makanan berbasis industri rumah tangga dalam skala kecil adalah produksi Melinjo. Salah satu produsen Melinjo di Desa Langkap di Dusun Kangenan Timur Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan adalah Ibu Halimah. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra dalam usaha produksi Emping Melinjo adalah kesulitan dalam pengembangan usaha yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan mitra dalam membuat ragam olahan Melinjo. Selama ini olahan Melinjo yang diproduksi oleh mitra adalah Emping Melinjo mentah saja sehingga peminat konsumen hanya sedikit. Selain itu kemasan produk juga hanya dari plastik dan tidak berlabel. Untuk membantu menyelesaikan persoalan mitra. Berdasarkan permasalahan tersebut, program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini ditujukan untuk peningkatan usaha pengembangan dan inovasi produk bagi produsen Melinjo. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya produk Olahan Melinjo memiliki nilai jual lebih tinggi daripada sebelumnya, melalui beberapa program kegiatan yang meliputi ; (1) pelatihan olahan Melinjo; (2) pelatihan pemasangan label/kemasan ; (3) pelatihan manajemen keuangan; (4) proses pemasaran secara via online. Dari hasil usaha yang dijalankan sebelumnya dapat menambah nilai jual produk olahan Melinjo dan juga dapat meningkatkan penghasilan produsen Melinjo.

Keywords


Home Industri, Inovasi Produk, Melinjo

Full Text:

PDF

References


Anasrulloh, M., & Basiron, B. (2017). Pelatihan pembuatan kemasan (packaging) untuk meningkatkan pemasaran produk olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1).

Hamdi, K., & Yadewani, D. (2019). Pengembangan usaha kuliner home industri sebagai peluang kaum perempuan menuju industri kreatif. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 101-116.

Khairunnisa, T., 2017, Analisis Efisiensi dan Strategi Pemasaran Emping Melinjo di Provinsi Lampung, Laporan Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Mariatun, I. L. (2016). FAKTOR PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS HOME INDUSTRI KRUPUK TERUNG & BLUNYO DI DESA JUNGANYAR KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(02).

Nur Aini, S., & Mariatun, I. L. (2019). PKM Industri Rumah Tangga Kerupuk Tahu Nagih (Enak dan Gurih) di Kelurahan Kemayoran Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. JAST, 3(2), 107-114.

Puarada, S. H., Gurning, R. N. S., & Harahap, W. U. (2020). Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Melinjo (Gnetum gnemon L) Menjadi Produk Olahan Keripik Kulit Buah Melinjo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(4), 567-572.

Suherman, S., & Sutarti, S. (2019). Inovasi Kreatif Olahan Keripik Berbahan Dasar Kulit Melinjo di Desa Tamiang Serang. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 99-109.

Wibowo, T. J., & Hidayatullah, H. (2018). MENUMBUHKAN WIRAUSAHA WANITA BERBASIS POTENSI SUMBER DAYA ALAM LOKAL (MELINJO). Prosiding Sembadha, 1, 212-219.

Widiantie, R., & Setiawati, I. (2021). PEMANFAATAN MELINJO DAN KULIT MELINJO MENJADI PRODUK INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUMBAKELING.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v4i1.2362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.