PENDAMPINGAN PENERAPAN MANAJEMEN DASAR PADA UMKM UD FAN SANGKAR BURUNG DALAM MENUNJANG KEBERLANGSUNGAN USAHA

Rifa Nurmilah, Yulia Effrisanti

Abstract


Dimasa pandemi covid 19 banyak pelaku usaha mengalami kelesuan dalam menjalankan usahanya. Sehingga diperlukan strategi-strategi yang baru dalam perencanaan menjalankan keberlangsungan usaha. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dalam pemasaran hasil produksinya, yang merupakan bagian dari penerapan fungsi manajemen dasar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pendampinagn kepada masyarakat pelaku usaha UMKM kecil dapat mencapai kemajuan dalam bidang usaha, khususnya pada UD Fan Sangkar Burung di Desa Ngogri, Megaluh Jombang. Agar dapat meningkatkan pendapatan hasil usaha dan perekonomian warga sekitar menjadi lebih baik. Manfaat kegiatan ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha kecil menengah bisa tumbuh dan mampu bertahan di pasaran.


Keywords


: fungsi majemen dasar, keberlangsungan usaha

Full Text:

PDF

References


Agatha, M. (2017). Pendampingan Penerapan Manajemen Dasar Untuk Mencapai Kemajuan Usaha Pada Koinfeksi Prima Uniform Botoran Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2).

Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Ypgyakarta: BPFE.

Muliana, M., Suleman, A. R., Arif, N. F., Simatupang, S., Sitepu, C. N. B., Wahyuddin, W., ... & Sudirman, A. (2020). Pengantar Manajemen. Yayasan Kita Menulis.

Nugroho, D. A. (2017). Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba. Universitas Brawijaya Press.

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.

Siswanto, B. (2021). Pengantar manajemen. Bumi Aksara.

Syarif, R. (2010). Manajemen sumber daya manusia. Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, C., & Rifa'i, M. (2016). Dasar-dasar manajemen: mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v4i1.2376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.