OPTIMALISASI APLIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DI MTs AL MAARIF BRUDU SUMOBITO JOMBANG

Abd. Rozak, Ama Noor Fikrati

Abstract


Kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang pesat berdampak pada semua bidang kehidupan, demikian juga pada bidang pendidikan. Pengembangan aplikasi berbasis android juga cukup pesat, termasuk aplikasi matematika. Beberapa studi menyatakaan bahwa penggunaan aplikasi dalam belajar berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Namun demikian siswa di MTs Al Ma’arif masih menggunakan smartphone sebagai bentuk kemajuan teknologi hanya pada bermedia sosial saja dan belum banyak memanfaatkan pada bidang pendidikan yang dapat menunjang belajarnya. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan pengabdian dalam bentuk optimalisasi penggunaan aplikasi matematika dalam pembelajaran kepada siswa di MTs. Al Ma’arif Brudu Sumobito Jombang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Kegiatan perencanaan menghasilkan peserta kegiatan terdiri dari 18 siswa kelas IX, kompetensi dasar materi matematika, aplikasi matematika dan waktu serta rincian kegiatan. Kegiatan pelaksanaan bersama kepala sekolah dan guru mata pelajaran matematika dalam suatu susunan acara formal, meliputi pembukaan, sambutan, penyampaian materi, testimoni hasil kegiatan. Kegiatan evaluasi dilakukan melalui penyebaran angket kepada peserta dan dianalisis secara deskriptif. Hasil evaluasi menunjukkan mayoritas peserta antusias, yang menandakan bahwa kegiatan ini berjalan sangat baik, dimana 81,57% menyatakan setuju dan 39,27% sangat setuju terhadap kegiatan pengabdian.

Keywords


Aplikasi Matematika, Optimalisasi, Siswa

Full Text:

PDF

References


Agung, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Prosiding, 3(1).

Fitra, A., Utami, Y., & Sitorus, M. (2019). Pemanfaatan Aplikasimicrosoft Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Mantik Penusa, 3(1, Juni), 54-64.

Harisusilo (2018). Wah Siswa Indonesia Pemakai Teknologi Tertinggi Dunia Ini 7 Faktanya https://edukasi.kompas.com/read/2018/12/11/08143651/wah-siswa-indonesia- pemakai-teknologi-tertinggi-dunia-ini-7-faktanya?page=all

Yusuf (2017). Pilihan Aplikasi Matematika Terbaik Paling Banyak Diminati pada Saat Ini, online: https://rockawaysummer.com/aplikasi-matematika/

Maulani, A., Hayati, S. S. N., & Surati, A. (2021). Pembelajaran Operasi Dan Bentuk Aljabar Matematika Dengan Photomath Di Smp Negeri 1 Teras. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)- Aphelion, 2(1), 22-28.

Meilawati, L., Pranowo, H., & Arihati, D. B. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Hasil Belajar Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 180-187).

Wisudawan, W., Hendriana, B., Nuriadin, I., & Ramza, H. (2017). Pengembangan aplikasi math mobile learning bangun datar berbasis android pada materi segitiga dan segiempat pelajaran matematika di tingkat SMP. In Prosiding Seminar Nasional Teknoka (Vol. 2, pp. I8-I13).




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v4i2.2755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.